Pages

Jumat, 02 Desember 2011

RCD Mallorca


Berdiri: 1916
Alamat: Camí dels Reis, s/n Spain
Situs Resmi: http://www.rcdmallorca.es
Ketua: Jaume Cladera
Direktur: Lorenzo Serra Ferrer
Stadion: Iberostar



Deportivo Mallorca adalah klub sepakbola tertua di Kepulauan Balearic, Spanyol. Mallorca resmi didirikan pada tanggal 5 Maret 1916 oleh seorang insinyur Adolfo Vazquez dengan nama klub Directiva Junta del Alfonso XIII DPL. Di tahun yang sama Mallorca juga meresmikan stadion pertamanya yaitu stadion Buenos Aires. Setahun kemudian nama klub dirubah menjadi Real Sociedad Alfonso XIII yang digunakan sampai tahun 1931. Namun karena alasan politik, nama klub berganti lagi menjadi klub Deportivo Mallorca dan di tahun 1949 klub menambah awalan Real pada nama klub.
Tahun 1931, Mallorca mulai bergabung di liga nasional dan tahun 1959 Mallorca untuk pertama kalinya naik ke Segunda División dan musim depannya berhasil naik ke La Liga, namun setelah menjalani empat musim di La Liga Mallorca turun lagi ke Segunda Division.
Musim 1996/1997 Mallorca berhasil naik lagi ke La Liga. Menjalani musim di La Liga, musim 2002/2003 di bawah arahan pelatih Gregorio Manzano, Mallorca finish di pos kesembilan dan berhasil untuk pertama kalinya meraih gelar Copa del Rey. Tanggal 22 Juli 2008, 96% saham Mallorca telah dibeli oleh pengusaha asal Inggris, Paulus Davidson, namun di bulan Mei 2010, Mallorca secara resmi menyatakan kebangkrutan.
Tanggal 28 Juni klub Mallorca dibeli oleh mantan pelatihnya terdahulu, Lorenzo Serra Ferrer dan seorang bintang tenis penduduk asli daerah Mallorca, Rafael Nadal. Dengan managemen baru, Mallorca berhasil finish di pos keenam La Liga, namun pihak UEFA membatalkan Mallorca untuk bermain di Piala UEFA musim 2010/2011 karena situasi keuangan Mallorca saat itu masih belum stabil. Menjalani musim 2010/2011 dengan keuangan yang pas-pasan, Mallorca pun terseok-seok di zona degradasi, namun tetap berhasil mempertahankan statusnya di La Liga yang finish di pos ke-17 setingkat diatas zona degradasi.
Salah satu titik puncak penampilan klub adalah saat bersama pelatih Hector Cuper dan penyerang Diego Tristan, Mallorca berlaga di final edisi terakhir Piala Winners pada 1998/99. Musim yang sama, Mallorca mencetak rekor peringkat terbaik selama berkiprah di Primera Liga, yaitu ketiga. Posisi yang sama kembali diulangi dua musim kemudian. Mallorca menggunakan Stadion Ono Estadi yang terletak di kota Palma de Mallorca untuk memainkan laga kandangnya. Mallorca memiliki julukan sebagai Los Bermellones, Els Barralets, dan juga La Ensaimada Mecánica.


Prestasi
1 kali juara Copa del Rey (2002/03)
1 kali juara Piala Super Spanyol (1998)
2 kali juara Divisi Segunda (1959/60, 1964/65)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar