Pages

Jumat, 02 Desember 2011

Villarreal CF


Berdiri: 1923
Alamat: Camino Miralcamp, s/n Spain
Situs Resmi: http://www.villarrealcf.es
Ketua: Fernando Roig Alfonso
Direktur: José Manuel Llaneza
Stadion: El Madrigal


Villarreal Club de Futbol atau Villarreal adalah klub sepakbola Spanyol yang bermarkas di Villarreal. Villarreal resmi didirikan pada tahun 1923 dan telah bermain di liga regional sampai terjadinya Perang Saudara di Spanyol. Setelah perang usai, Villarreal pun bergabung di kompetisi Tercera División.
Musim 1970/1971 Villarreal pertama kalinya berhasil naik ke Segunda División, selama dua musim berada di Segunda Division, Villarreal turun kasta lagi hingga mencapai kompetisi di Tercera División. Musim 1992/1993 Villarreal berhasil naik lagi ke Segunda División dan di musim 1997/1998 Villarreal finish di pos keempat yang berhak mengikuti babak playoff ke La Liga melawan klub Sociedad Deportiva Compostela. Laga pertama di El Madrigal berakhir imbang 0-0 dan laga kedua di kandang sociedad Deportiva berakhir imbang juga namun dengan skor 1-1. Dengan hasil itu, Villarreal akhirnya membuat sejarah klub bermain di La Liga setelah menunggu 65 tahun lamanya.
Prestasi gemilang tersebut akhirnya harus buyar karena musim perdananya di La Liga hanya bisa finish di pos ke-18 zona degradasi. Semusim di Segunda Division, Villarreal sudah bisa naik ke La Liga lagi. Sejak menjalani musim 2000/2001 hingga sekarang ini , Villarreal masih mampu mempertahankan statusnya sebagai peserta La Liga. Keberhasilan Villarreal bukan di La Liga saja, Villarreal akhirnya mampu bermain di Liga Eropa untuk pertama kalinya dan langsung memenangkan Piala Intertoto UEFA tahun 2003. Memiliki status juara di Piala Intertoto, Villarreal mendapat tiket berlaga di Piala UEFA untuk musim 2003/2004.
Di ajang kompetisi Piala UEFA, Villarreal melaju sampai ke babak semifinal namun langkahnya terhenti setelah dikalahkan oleh sesama klub La Liga, Valencia. Perlahan tapi pasti, Villarreal pun mampu bersaing di La Liga dengan klub kuat seperti Barcelona, Real Madrid, dan juga Valencia. Sejak tahun 2004 sampai tahun 2011 Villarreal selalu memantapkan posisinya masuk dalam lima besar klasemen La Liga, dan di akhir musim 2007/2008 bisa finish sebagai runner up La Liga. Untuk kompetisi di Eropa seperti Liga Champions dan Piala UEFA, Villarreal belum bisa berbuat banyak, seperti halnya di musim 2005/2006 pernah mencapai babak semifinal Liga Champions yang kandas di tangan klub Arsenal dan di Piala EUFA musim 2010/2011 Villarreal juga mencapai babak semifinal dan harus kandas lagi oleh klub Porto dan klub asal Portugal tersebut akhirnya berhasil merebut Piala UEFA.
Musim 2011/2012 Villarreal akan berkiprah di Liga Champions yang berada di Grup maut bersama klub Munchen, Manchester City, dan juga Napoli. Villarreal menggunakan Stadion El Madrigal untuk menggelar laga kandangnya. Villarreal dijuluki sebagai Yellow Submarine (kapal selam kuning) karena memiliki kostum jersey warna kuning.

Prestasi
1 kali juara Divisi Tiga (1969/70)
2 kali juara Piala Intertoto (2003, 2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar