Pages

Selasa, 29 November 2011

Fulham


Berdiri: 1879
Alamat: Craven Cottage, Stevenage Road, London SW6 6HH England
Situs Resmi: http://www.fulhamfc.com
Ketua: Mohamed Al-Fayed
Direktur: Alistair Mackintosh
Stadion: Craven Cottage



Fulham adalah sebuah klub sepakbola amatir bernama Fulham St. Andrew’s Church Sunday School, dibentuk tahun 1879 oleh umat gereja ‘Church Of England’ di Star Road, West Kensington. Klub ini memenangi kejuaraan amatir ‘West London Amateur Cup’ pada tahun 1887. Kemudian nama klub yang panjang dipangkas menjadi ‘Fulham’ saja dan nama baru ini mulai dipakai tahun 1888.

Fulham mendapatkan status sebagai klub sepakbola profesional pada 12 Desember 1898, tahun yang sama dimana mereka mulai mengikuti kompetisi Southern League divisi 2. Dan mereka mulai masuk sebagai anggota Football League setelah mereka menjuarai untuk kedua kalinya Southern League. Fulham terus berkutat di divisi ‘bawah’ liga Inggris sampai pada tahun 1949 dimana mereka berhasil promosi ke divisi utama. Namun di divisi utama prestasi Fulham tidaklah baik, mereka hanya menempati papan bawah. Pada 1952 mereka terdegradasi lagi ke divisi 2 dan bertahan 7 tahun lamanya disana. Tahun 1959 barulah mereka bisa mencicipi lagi kompetisi divisi utama dan kali ini mereka bertahan lama hingga 9 tahun.

Fulham pernah terbenam hingga akhirnya datanglah uluran tangan Mohamed al-Fayed pada 1997. Milyarder asal Mesir ini merombak skuad dan melakukan revolusi yang mengubah wajah klub seperti saat sekarang ini. Al-Fayed mengangkat duet Ray Wilkins, sebagai manajer tim, dan Kevin Keegan, sebagai Chief Operating Officer, dengan target menembus Liga Primer dalam waktu lima tahun. Saat itu, Fulham masih berkutat di Divisi Dua. Setelah terjadi silang pendapat tentang pemilihan pemain, Wilkins mundur dan Keegan memegang penuh kendali tim. Fulham sukses menjuarai Championship 2000/01 dan mewujudkan mimpi bermain di Liga Primer. Hebatnya, setelah promosi, Fulham tak pernah terdegradasi hingga musim ini.

Pemain legendaris Fulham di masa itu adalah Johny Haynes yang mungkin juga merupakan pemain paling besar sepanjang sejarah Fulham, bermain selama 18 tahun , 657 penampilan dan pernah mewakili tim nasional Inggris sebanyak 52 kali (22 kali diantaranya menjadi kapten timnas).

Prestasi
2 kali juara Championship / Divisi Dua lama (1948/49, 2000/01)
2 kali juara Divisi Dua / Divisi Tiga lama (1948/49, 1998/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar