Pages

Selasa, 29 November 2011

Wigan Athletic


Berdiri: 1932
Alamat: Robin Park, Newtown, Wigan, Lancashire, WN5 0UZ England
Situs Resmi: http://www.wiganlatics.co.uk
Ketua: Dave Whelan
Direktur: Brian Ashcroft, John Winstanley
Stadion: DW Stadium


Wigan Athletic didirikan pada 1932 seiring ditutupnya klub Wigan Borough setahun sebelumnya. Klub seperti Wigan County, Wigan United, dan Wigan Town yang juga gagal bertahan ditutup kemudian dan untuk yang kelima kalinya lahirlah nama Wigan Athletic.
Wigan dahulunya memegang rekor sebagai klub yang memenangkan banyak piala yakni klub non-liga terhadap klub yang bermain di liga. Musim 1934/1935 mereka mengalahkan Carlisle United dengan skor 6-1 pada babak kelima Piala FA. Ini dilakukan ketika mereka bermain di Liga Chesire County sampai tahun 1978, dan setelah tampil di Lanchasire Combination dan Northern Premier League, kemudian Wigan dipilih untuk bergabung dengan Liga Sepak Bola (Football League).

Awal Wigan mulai dikenal seperti saat ini adalah ketika pemilik toko peralatan olahraga JJB Sports, Dave Whelan, membeli kepemilikan klub pada Februari 1995. Whelan bertekad mengangkat klub yang saat itu berlaga di Divisi Tiga ke kancah Liga Primer. Tiga pemain Spanyol, The Three Amigos, didatangkan untuk mewujudkan ambisi tersebut. Roberto Martinez, Isidro Diaz, dan Jesus Seba, bersama pelatih John Deehan, mampu mempromosikan klub ke Divisi Dua. Setelah beberapa kali gagal di partai play-off, Wigan akhirnya lolos ke Championship di bawah kepelatihan Paul Jewell musim 2002/03. Semusim di Championship, Wigan tampil hebat musim 2004/05 dan pada hari terakhir hanya butuh hasil imbang melawan Reading untuk meraih promosi otomatis. Wigan menang 3-1 dan sukses mewujudkan ambisi bermain di puncak kompetisi sepakbola Inggris sepanjang 73 tahun sejarahnya.

Prestasi
1 kali juara Liga Championship / Divisi Dua lama (2002/03)
1 kali juara Football League Divisi Tiga (1996/97)
2 kali juara Football League Trophy (1984/85, 1998/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar