Pages

Sabtu, 26 November 2011

PIDATO PROKLAMASI Ir.SUKARNO

Pada hari jumat tanggal 17 agustus 1945,halaman rumah Ir.Sukarno di jalan pegangsaan timur no.56 jakarta sudah ramai dipenuhi rakyat dan para tokoh yang ingin menyaksikan upacara pembacaan naskah proklamasi Indonesia.Para pemimpin bangsa Indonesia yang hadir adalah Dr.Buntaran Martoatmojo,Mr.A.A.Maramis,Mr,Latuharhary,Abikusno Cokrosuyoso.Bendera yang dikibarkan dalam upacara proklamasi adalah bendera hasil jahitan Ibu Fatmawati pada malam hari tanggal 16 Agustus 1945.Tepat pada Pukul 10.00 WIB acara pembacaan naskah proklamasi dimulai,dimulai dengan pidato Ir.sokarno :

          Saudara-saudara sekalian ! saja sudah meminta saudara-saudara hadir disini untuk menyaksikan satu peristiwa maha penting dalam sejarah kita.
Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berjuang untuk kemerdekaan tanah air kita.Bahkan telah beratus-ratus tahun !.Gelombang aksi kita untuk mencapai kemerdekaan kita itu ada naik dan ada turunnya,tetapi jiwa kita,tetap menuju kearah cita-cita.
Juga di dalam zaman jepang usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak henti-hentinya.didalam jaman jepang ini,tampaknya saja kita menyadarkan diri kepada mereka.Tetapi pada hakekatnya tetap kita menyusun tenaga kita sendiri,tetap kita percaya kepada kekuatan sendiri.
Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib tanah air didalam tangan kita sendir.Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangannya sendiri akan dapat berdiri dengan kuatnya.
Maka kami tadi malam telah mengambil musyawarah dengan pemuka-pemuka rakyat Indonesia dari seluruh Indonesia.permusyawaratan itu seia sekata dan berpendapat,bahwa sekaranglah dating saatnya untuk menyatakan kemerdekaan kita.Saudara-Saudara !.dengan ini kami menyatakan kebulatan tekad itu.Dengarlah proklamasi kami :

          Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain,diselanggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

                                                Djakarta,hari 17 bulan 8 tahun 05

                                                Atas nama bangsa Indonesia
                                                          Sukarno/Hatta

Demikianlah,saudara-saudara !
Kita sekarang telah merdeka !
Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita !
Mulai saat ini Kita menyusun negara kita !
Negara Merdeka,Negara Republik Indonesia,merdeka kekal dan abadi.
Insya ALLAH,tuhan memberkati kemerdekaan kita

Upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih dan diiringi lagu indonesia raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar