Pages

Jumat, 02 Desember 2011

Getafe CF


Berdiri: 1983
Alamat: Avd. Teresa de Calcuta S/N 28903 Getafe Spain
Situs Resmi: http://www.getafecf.com
Ketua: Ángel Torres Sánchez
Direktur: Toni Muñoz
Stadion: Coliseum Alfonso Pérez - Getafe, Madrid


Getafe Club de Futbol adalah klub sepakbola yang bermarkas di daerah Getafe, sebuah kota di daerah metropolitan Madrid. Getafe resmi didirikan pada tanggal 24 Februari 1946 dengan nama Club Getafe Deportivo yang dibentuk oleh lima penduduk lokal Getafe yaitu Enrique García Condes, Aurelio Miranda Olavaria, Antonio Koridor Lozano, Manuel Serrano Vergara dan Miguel Cubero Frances.
Awalnya klub Getafe memakai Stadion Campo del Regimiento de Artillería, namun Getafe akhirnya pindah ke Stadion San Isidro. Dengan menggunakan stadion tersebut, Getafe pun berhasil dipromosikan ke divisi ketiga musim 1956/1957. Tanggal 2 September 1970, Getafe meresmikan stadion sendiri setelah dipromosikan lagi ke Tercera División. Enam tahun kemudian Getafe mendapat promosi bersejarah ke Segunda Division.
Musim 1976/77, Getafe berhasil berlaga di Divisi Segunda. Selama enam musim berkiprah, prestasi terbaik Getafe adalah menduduki peringkat sepuluh. Akhir musim 1981/82, Getafe terlibat masalah finansial serius dan tak mampu membayar gaji para pemainnya. Getafe pun dilikuidasi dan secara otomatis didegradasi dari Divisi Segunda. Kenyataan ini membuat sisa-sisa klub melakukan merger dengan Club Deportivo Pena Getafe, yang didirikan pada 1976, dan menjadi Getafe Club de Futbol pada 8 Juli 1983.

Sejak musim 1983/84, secara mengagumkan Getafe berhasil melangkah satu demi satu divisi hingga empat kali berturut-turut dan mencapai Divisi Segunda B. Musim 1994/95, Getafe sukses promosi ke Divisi Segunda, meski kembali terdegradasi dua musim berikutnya. Ketika kembali promosi musim 1999/00, Getafe meretas jalan sukses gemilang ketika empat musim berikutnya mampu meraih tiket promosi ke Primera Liga. Hebatnya, tiket promosi itu dipastikan lewat kemenangan 5-3 di kandang Tenerife dan seluruh gol dipersembahkan oleh Sergio Pachon. Sukses tersebut membuat Getafe menjadi klub keempat asal Madrid yang mampu berlaga di La Liga, setelah Real Madrid, Atletico Madrid, dan Rayo Vallecano. Hanya dalam 20 tahun sejak didirikan, Getafe mampu melalui semua kasta divisi dalam piramida persepakbolaan Spanyol.

Prestasi
1 kali juara Divisi Segunda B Grup 1 (1998/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar