Pages

Jumat, 02 Desember 2011

Levante UD


Berdiri: 1909
Alamat: C/San Vicente de Paul, 44 46019 Spain
Situs Resmi: http://www.levanteud.es
Ketua: Francisco Javier Catalán Vena
Direktur: Manuel Salvador Serra
Stadion: Ciutat de València


Levante Union Deportiva, S.A.D adalah klub sepakbola Spanyol yang bermarkas di kota Valencia. Klub Levante resmi didirikan tahun 1909 dengan nama Levante Futbol Club. Nama klub diambil dari nama pantai "Levante" yang terletak di daerah La Malvarrosa. Di tahun yang sama lahir juga sebuah klub sepakbola yaitu Gimnástico Futbol Club dan tahun 1920 klub tersebut mengganti namanya menjadi Universitario Futbol Club.
Levante awalnya menggunakan tanah di La Platjeta yang dekat dermaga yang dimiliki oleh seorang pengusaha parfum. Levante kemudian pindah ke daerah pelabuhan yang tidak jauh dari tempat pertama karena demikian klub Levante pun secara bertahap mulai berhubungan erat dengan kelas pekerja di daerah pelabuhan tersebut.
Musim 1934/1935, klub Levante dan juga klub Gimnástico berhasil membuat debut pertama mereka di divisi kedua dan selama terjadinya Perang Saudara di Spanyol, Levante dan Gimnástico bermain di Liga Mediterania. Akibat perang tersebut stadion milik Levante hancur berantakan namun skuad Levante tetap utuh. Sebaliknya, klub Gimnástico masih memiliki stadion di Campo de Vallejo dengan keadaan bagus namun telah kehilangan sebagian besar pemain-pemainnya. Karena hal tersebut tahun 1939 dua klub tersebut akhirnya melakukan merger dengan memakai nama Uni Deportivo Levante-Gimnástico dan dua tahun kemudian mengubah namanya menjadi Levante Union Deportiva yang digunakan hingga saat ini.
Tahun 1960 klub Levante membuat sejarahnya dengan berhasil bermain di kompetisi teratas Spanyol, La Liga. Namun Levante hanya bertahan dua musim saja di La Liga yang kemudian menghabiskan sebagian besar musimnya di Segunda Divison dan pernah juga berkompetisi di liga yang lebih rendah lagi.
Levante mulai bangkit di tahun 2004. Di medio 2004-2009, Levante berhasil tiga kali menembus Primera Liga. Sayang pencapaian di posisi akhir liga memang kurang menyenangkan, posisi terbaik mereka adalah peringkat 15 di akhir musim.

Meskipun lebih banyak berkutat di divisi-divisi bawah liga Spanyol, Levante beberapa kali berhasil menggaet nama-nama terkenal untuk menjadi pemain ataupun pelatihnya. Sebut saja maestro sepakbola Belanda Johan Cruyff, Predrag Mijatovic, Marco Storari, hingga mantan pemain AS Roma Damiano Tomassi. Selain itu di jajaran mantan pelatih yang pernah menangani Levante, terdapat nama-nama seperti Juande Ramos, Juan Ramon Lopez Caro, Abel Resino hingga Bernd Schuster.

Prestasi
1 kali juara Copa Del Rey (1937)
1 kali juara Divisi Segunda (2003/04)
3 kali juara Divisi Segunda B (1988/89, 1995/96, 1998/99)
2 kali juara Divisi Tiga (1943/44, 1972/73)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar